Makalah Indonesia

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis.Komposisi makalah sama halnya dengan karya tulis lainnya. Makalah terdiri dari : Pendahuluan, Isi dan Penutup.

Berikut ini contoh makalah bahasa Indonesia:

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A. Latar Belakang Masalah

Dalam proses interaksi manusia dalam kehidupannya, tidak pernah lepas dari kebutuhan antara manusia satu dengan lainnya untuk berkomunikasi guna memenuhi kebutuhan hidup yang saling terkait. Dalam proses komunikasi tersebut maka dikenal istilah bahasa. Jenis-jenis bahasa yang ada di Indonesia sangat banyak dan bermacam-macam. Hal ini tergantung dari budaya yang berkembang dalam masyarakat itu. Setiap masyarakat yang mendiami suatu wilayah akan menemukan ragam bahasa  yang berlainan antar daerah, suku, bangsa dan negara.  Bahasa adalah salah satu identitas sebuah bangsa. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang dipergunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengekspresikan diri dalam budaya bermasyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua aktifitas kita menggunakan bahasa, baik menggunakan bahasa lisan, bahasa tulisan maupun bahasa tubuh. Setiap bahasa sebenarnya mempunyai ketetapan atau kesamaan dalam hal tata bunyi, tata bentuk, tata kata, tata kalimat, dan tata makna. Tetapi karena berbagai faktor yang terdapat di dalam masyarakat yang bergantung pada subjek pengguna bahasa, seperti usia, pendidikan, agama, bidang kegiatan dan profesi, dan latar belakang budaya daerah, maka bahasa tersebut menjadi tidak seragam.

Salah satu jenis bahasa yang dipakai oleh masyarakat adalah bahasa prokem atau bahasa gaul. Bahasa gaul biasanya dipakai dalam suasana informal yang sifatnya menghibur dan untuk menjalin keakraban. Karena apabila kita menggunakan bahasa baku dalam suasana akrab atau hiburan akan terkesan kaku dan membuat jenuh para penyimak. Adapun jenis bahasa lain yang digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Inggris. Dimana bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah diakui oleh semua negara. Dan dengan bahasa Inggris inilah kita dapat berkomunikasi dengan orang  yang berasal dari negara lain.

Namun, dengan adanya bahasa prokem atau gaul dan bahasa Inggris inilah kita terkadang menjadi salah kaprah dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pada saat ini kebanyakan dari remaja sering menggunakan bahasa prokem dalam berkomunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, banyak para pengusaha yang menggunakan bahasa prokem atau gaul dan bahasa Inggris dalam iklan produk-produk mereka, sebab dengan cara inilah produk-produk mereka lebih mudah dimengerti oleh para konsumen..

  1. B. Rumusan Masalah
    1. Jenis bahasa apa saja yang digunakan dalam produk kartu seluler Flexi ?
    2. Apa makna kosakata bahasa prokem dan bahasa Inggris dalam produk kartu seluler Flexi ?

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A. Landasan Teori

Bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Anton M. Moeliono, 1996:77), bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteaksi, dan mengidentifikasikan diri. Bahasa asing adalah bahasa milik bangsa lain yang dikuasai biasanya melalui pendidikan formal dan yang secara sosiokultural tidak dianggap sebagai bahasa sendiri. Sedangkan bahasa prokem adalah penggunaan kata-kata dalam bahasa yang tidak resmi dan ekspresi yang bukan merupakan standar penuturan dialek atau bahasa. Dimana kata dalam bahasa prokem biasanya kaya dalam domain tertentu, seperti kekerasan, kejahatan, narkoba dan seks (www.wikipedia.com).

Adapun fungsi dari bahasa adalah sebagai alat untuk bekerja sama atau berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat. Sedangkan fungsi bahasa prokem atau gaul adalah :

  1. Sebagai sarana komunikasi pada komunitas tertentu.
  2. Sebagai sarana komunikasi yang non formal kepada lawan bicara, selama lawan bicara mengerti apa yang disampaikan.
  3. Sebagai sarana komunikasi yang mudah digunakan dan mudah dicerna.
  4. Untuk menarik perhatian para konsumen sehingga para konsumen tertarik untuk menggunakan produk tertentu.
  1. B. Analisis Data

Brosur yang kami pakai adalah brosur kartu seluler FLEXI. Brosur ini berukuran 21 x 10 cm. Sedangkan warna dasarnya adalah warna putih. Kemudian untuk  jenis huruf dan warna hurufnya  bermacam-macam. Berikut ini beberapa contoh bahasa gaul dan bahasa Inggris dalam brosur kartu seluler FLEXI :

  1. 1.

  1. 2.

  1. C. Pembahasan

Bahasa yang digunakan dalam brosur kartu seluler FLEXI kebanyakan adalah bahasa Inggris dan bahasa gaul.

FLEXI berasal dari bahasa Inggris yaitu “Flexibel” yang artinya adalah ‘lunak’, ‘lentur’, dan ‘mudah disesuaikan’.

  1. FLEXInet Unlimited

“Net” berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah ‘jaringan’.

“Unlimited” juga berasal dari bahasa inggris yang artinya ‘tak terbatas’.

Jadi maksud dari FlexiNet Unlimited adalah jaringan Flexi yang tak terbatas. Dimana kita dapat mengakses jaringan internet dengan kartu Flexi dengan tarif yang murah.

  1. Easy & Light

“Easy” berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘mudah’ dan ‘gampang’.

“Light” juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘ringan’ dan ‘terang’.

Jadi maksud dari Easy & Light di sini adalah mudah untuk cara registrasi FlexiNet Unlimited dan Ringan untuk tarif internetnya.

  1. User name

“User name” berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata “User” yang artinya ‘pemakai’ dan “Name” yang artinya ‘nama’. Arti dari kata “User name” adalah ‘nama pemakai’. Jadi maksud dari User name adalah nama kita sebagai pemakai FlexiNet Unlimited.

  1. Password

“Password” berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘semboyan’ atau ‘kata kunci’. Jadi maksud dari Password adalah kata kunci kita uruk mengakses FlexiNet Unlimited ini.

  1. Dial

“Dial” berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘memilih nomor dan memakai cakra (telepon otomatis)’.

  1. Up to

“Up to” berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘sampai’. Maksudnya kita dapat mengakses FlexiNet Unlimited sampai 153 Kbps.

  1. Cuma

“Cuma” merupakan kata tidak baku dan bahasa gaul yang maksudnya adalah ‘hanya’.

  1. Nelpon

“Nelpon” merupaka kata tidak baku dan bahasa gaul yang maksudnya ‘telepon’.

BAB III

PENUTUP

  1. A. Simpulan

Setelah kami menyusun makalah ini, maka kami dapat menyimpulkan bahwa bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bahasa merupakan media untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu individu kepada individu lain atau lebih, baik secara lisan maupun tertulis.. Adapun bahasa yang sekarang sering digunakan oleh para remaja adalah bahasa prokem atau bahasa gaul. Dimana bahasa ini sangat mudah digunakan dan bersifat menghibur dan untuk menjalin keakraban. Selain itu bahasa prokem juga berfungsi sebagai ekspresi rasa kebersamaan para pemakainya. Dan dengan menggunakan bahasa prokem, mereka ingin menyatakan diri sebagai anggota kelompok masyarakat yang berbeda dari kelompok masyarakat yang lainnya.

Sedangkan bahasa lainnya adalah bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Dimana bahasa Inggris ini sangat berperan penting dalam menjalin komunikasi terutama dalam dunia usaha. Karena bahasa Inggris dapat mempersatukan perbedaan-perbedaan antar negara. Sehingga banyak para pengusaha yang menggunakan bahasa Inggris untuk kepentingan bisnis. Hal ini bukan karena mereka tidak menyukai bahasa negaranya masing-masing, tetapi karena bahasa Inggris sudah dikenal oleh seluruh orang dipenjuru bumi ini.

  1. B. Saran

Sebagai warga negara Indonesia, kita memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Dimana bahasa Indonesia ini telah kita miliki dari dahulu kala. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang menggunakan bahasa gaul dalam komunikasi sehari-hari. Bahasa gaul atau prokem sendiri memang sudah ada sejak tahun 1970-an dan sampai sekarang bahasa gaul tersebut masih ada bahkan telah berkembang. Bahasa gaul sendiri memang tidak begitu mengakhawatirkan apabila kita dapat mengurangi penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari. Namun bila masyarakat sering menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari, hal ini dapat mengkhawatirkan karena dapat menghilangkan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu  dapat mengurangi rasa kecintaan  kita terhadap bahasa Indonesia. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia  dengan baik dan benar. Kita tidak perlu merasa malu atau takut karena kita akan dicap sebagai seseorang yang “kuper”. Tetapi, kita seharusnya bangga karena kita dapat menggunakan bahasa Indonesia bahasa negara kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: